Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Pahala yang Terus Mengalir Meski Orangnya Sudah Meninggal

3 Pahala yang Terus Mengalir Meski Orangnya Sudah Meninggal
Images: Coffin Birth
Nasehat ''Harta tidak akan dibawa mati'' mungkin sudah cukup familiar ditelinga kita, karena sering diucapkan oleh orang yang memberi nasehat bahwa jangan mati-matian mengejar harta. Nasehat itu ada benarnya juga, jangan terlalu sibuk mengejar dunia apalagi sampai lupa mengumpulkan amal untuk akhirat.

Namun, banyak harta akan membawa keberuntungan dan pahala diakhirat jika digunakan untuk kebaikan. Bahkan, pahala itu akan terus mengalir sekalipun orangnya sudah tidak ada didunia ini. Berikut ini 3 pahala yang akan terus mengalir sekalipun orangnya sudah menginggal.

1. Sedekah Jariyah

Bekal yang akan terus menyelamatkanmu meski nafas sudah berhenti adalah sedekah jariyah, sedekah jariyah adalah kebaikan yang akan terus dinikmati oleh banyak orang, seperti bangun masjid, memperbaiki jalan, bikin sumur bagi hamba yang kekurangan air dan masih banyak sedekah jariyah yang bisa kita lakukan.

Memang tidak bisa dipungkuri bahwa orang paling bahagia itu adalah orang yang berhenti nafasnya tapi tidak berhenti pahalanya.

Nabi SAW bersabda: ''Keridhaan Allah bergantung kepada keridaan kedua orang tua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua.'' (HR. At-Tirmidzi).

2. Anak yang Shaleh

Warisan terbaik untuk anak cucu kita itu bukan harta yang tidak berseri, melainkan akhlak dan adab yang tertanam dalam diri mereka. Harta sebanyak apapun akan habis dengan seiring berjalannya waktu, tapi ilmu segaligus akhlak yang baik akan terus berkembang ketika diamalkan.

Dengan semua itu anak-anak kita akan terus mendoakan kebaikan untuk orang tuanya, bahkan doa dan bakti itu akan terus mengalir orang tuanya sudah tidak ada.

3. Ilmu yang Bermanfaat

Ketika orang memperlajari ilmu kemudian mengamalkannya pada orang lain, disitulah pahala akan terus mengalir kepadanya. Sejuta doa dari orang yang mendapatkan ilmu darimu akan terus teruntai meski kamu sendiri sudah tiada.

''Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada dijalan Allah hingga ia pulang.'' (HR Tirmidzi).

Semoga kita termasuk orang yang membelanjakan harta untuk kebaikan didunia dan akhirat.

Post a Comment for "3 Pahala yang Terus Mengalir Meski Orangnya Sudah Meninggal"