Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Air Hujan Menurut Islam, Tercatat Dalam Alquran

5 Manfaat Air Hujan Menurut Islam, Tercatat Dalam Alquran
Images:canva.com
Meskipun hadir diwaktu yang kurang tepat, turunnya hujan harus tetap disyukuri. Sebab banyak hikmah dan manfaat yang bisa dipetik akibat turunnya hujan. Baik itu untuk hewan, tumbuhan dan bagi manusia juga memiliki banyak manfaat. 

Seperti yang tercatat dalam berbagai hadist terdapat beberapa manfaat turunnya hujan, sehingga kita sebagai umat islam yang punya keyakinan dan kepercayaan penuh kepada Allah harus selalu bersyukur saat hujan turun.

1. Berkah Dari Allah

Meskipun datang diwaktu yang tidak pas, hujan yang turun harus tetap disyukuri karena itu adalah berkah dari Allah, dan berkah itu tidak hanya berdampak baik untuk diri sendiri tapi juga baik untuk lingkungan sekitar.

Allah berfirman: ''Dan kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman.'' (QS Qaaf ayat 9).

2. Sebagai Pengingat Bagi Manusia

Selain berkah, hujan juga sebagai pengingat untuk diri kita bahwa kuasa Allah tidak terukur, dan supaya kita senantiasa lebih hati-hati dalam bertingkah laku. 

Dalam sebuah hadist Rasullah pernah khawatir pada saat muncul mendung, ''Jangan-jangan akan datang adzab dan kemurkaan Allah.''

''Jika Rasulullah SAW melihat mendung atau angin, maka raut wajahnya pun berbeda.''  'Aisyah berkata, ''Wahai Rasulullah, jika orang-orang melihat mendung, mereka akan begitu girang. Mereka mengharap-harap agar hujan turun. Namun berbeda halnya dengan engkau, jika melihat mendung terlihat wajahmu menunjukan tanda tidak suka.'' Beliau bersabda, ''Wahai 'Aisyah, apa yang bisa membuatku merasa aman? Siapa tau ini adalah azab, dan pernah suami kaum diberi azab dengan datangnya angin (setelah itu). Kaum tersebut (yaitu kaun 'Aad) ketika melihat azab, mereka mengatakan ''Ini adalah awan yang akan menurunkan hujan kepada kita.'' (HR Bukhari dan Muslim)

3. Rahmat Dari Allah

Allah menurunkan rahmat kepada hambanya bisa dari berbagai cara, termasuk hujan yang turun juga merupakan tanda bahwa kamu sedang Allah rahmati. Itulah kenapa kita tidak boleh membenci hujan sekalipun ia turun diwaktu yang tidak kita kehendaki. 

4. Doa Mudah Dikabulkan

Berdoa bisa dimana saja dan kapanpun kamu ingin curhat serta mengadukan semua isi hatimu kepada Allah. Namun ada waktu-waktu tertentu yang membuat doa mudah melangit dan dikabulkan oleh Allah, dimana salah satunya adalah saat hujan turun.

Nabi SAW bersabda: ''Dua do'a yang tidak akan ditolak: {1} do'a ketika adzan dan iqomah {2} do'a ketika turunnya hujan.'' (HR. Al Hakim dan Al Baihaqi)

5. Dunia Penuh Keseimbangan 

Segala sesuatu didunia ini penuh dengan keseimbangan, contoh sederhananya: ada siang, ada malam, ada kemarau ada hujan. Itulah kenapa turunnya air hujan disebut sebagai bukti keseimbangan, dengan turunnya hujan maka air dibumi akan terpenuhi untuk semua mahluk ciptaan Allah.

Allah berfirman: ''Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).'' (Surah Az Zukhruf ayat 11.)

Post a Comment for "5 Manfaat Air Hujan Menurut Islam, Tercatat Dalam Alquran"