Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Sifat Hamba yang Paling Dicintai Allah SWT Tercatat Dalam Al Quran

5 Sifat Hamba yang Paling Dicintai Allah SWT Tercatat Dalam Al Quran
Images: Shutterstock
Dicintai dan disukai oleh Allah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang hamba, sebab tidak sembarangan orang yang bisa mendapatkan anugerah dengan mendapatkan cintanya. Sejatinya siapapun bisa punya peluang menjadi hamba yang beruntung, tergantung bagaimana tingkah laku dan adab mereka kepada Tuhan.

Selain itu, diantara sifat baik yang dimiliki oleh manusia ada beberapa sifat yang punya nilai khusus dimata Allah. Berikut diantaranya:

1. Orang Sabar

Sabar, ketika mendengar kata sabar memang terkesan mudah ketika diucapkan, namun untuk mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari susahnya bukan main, apalagi untuk kita yang masih hamba amatiran. Rasanya cuma hamba-hamba pilihan Allah saja yang mampu bersabar dalam keadaan apapun. 

Karena sifat sabar adalah sifat yang paling Allah cintai, maka tidak heran jika orang mampu bersikap sabar bisa dipastikan bahwa orang tersebut imannya sudah terlatih dengan baik, dan keyakinan pada Allah juga tidak perlu diragukan. 

''Dan betapa banyak Nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikutnya, yang bertaqwa, mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar. (QS Ali Imran: 146)

2. Orang Adil

Mengaca pada kehidupan akhir zaman ini rasanya makin percaya bahwa keadilan yang sempurna hanyalah milik Allah semata, fenomena ini dibuktikan dengan banyakya hamba yang lalai untuk selalu berlaku adil pada sesama. Padahal, Allah suka pada hamba yang selalu berlaku adil dan tidak pernah tebang pilih. 

''Mereka sangat suka mendengar berita bohong, banyak memakan (makanan) yang haram. Jika mereka (Orang Yahudi) datang kepadamu (Muhammad untuk meminta putusan), maka berilah putusan di antara mereka atau berpalinglah dari mereka. Dan jika engkau berpaling dari mereka maka mereka tidak akan membahayakanmu sedikitpun. Tetapi jika engkau memutuskan (perkara mereka), maka putuskanlah dengan adil. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil. (QS Al-Maidah: 42)

3. Orang yang Berbuat Baik

Kebaikan tidak akan pernah usang dan tidak pernah mengenal batas dan waktu, selalu bersinar serta akan diingat oleh orang yang terkena dampaknya. Itulah kenapa Allah sangat menyukai orang yang suka menabur kebaikan dalam keadaan apapun. 

Namun kebaikan disini adalah kebaikan yang tulus, kebaikan yang dilakukan semata-mata karena Allah bukan mengharap pujian atau balasan dari manusia. 

''Yaitu orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. (QS Ali Imran: 134)

4. Orang yang Bertaqwa

Allah sangat menyukai hamba yang bertaqwa kepadanya, mengikuti segala perintahnya dan menjauhi apa yang sudah dilarang. Ini juga sebagai bukti bahwa orang-orang yang bertaqwa memiliki nilai khusus disisi Allah.

''Sebenarnya barangsiapa yang menepati janji dan bertaqwa, maka sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertaqwa. (QS Ali Imran: 76)

5. Orang Bertaubat

Kita hidup memang tidak selalu benar, adakalanya kita khilaf dan melakukan sesuatu yang jelas-jelas dilarang oleh Allah. Namun, ketika tergelincir bukan berarti seluruh pintu untuk kembali sudah tertutup rapat, selalu ada maaf dari Allah untukmu. Bahkan, Allah lebih suka tangis seorang pendosa yang bertaubat daripada zikirnya orang sombong.

''Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, ''Itu adalah sesuatu yang kotor.'' Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri. (QS Al-Baqarah: 222)

Itulah beberapa sifat seseorang yang sangat Allah sukai. Semoga kita bisa menjadi salah satunya.

Post a Comment for "5 Sifat Hamba yang Paling Dicintai Allah SWT Tercatat Dalam Al Quran"