Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Lahir dan Batin

5 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Lahir dan Batin
Images: Pixabay
Tidak bisa dipungkiri, waktu subuh adalah saat dimana tidur lagi enak-enaknya, jangankan mandi, bangun saja rasanya malas banget. Namun, diwaktu tersebut umat islam dianjurkan untuk bangun untuk beribadah kepada Allah. 

Selain beribadah, ada aktifitas lain yang juga memberi manfaat luar biasa bagi siapa saja yang melakukannya. Dimana aktifitas itu adalah membersihkan diri, atau lebih jelasnya mandi sebelum subuh. Kenapa sebelum subuh? karena mandi diwaktu tersebut mengandung banyak manfaat, baik untuk kesehatan badan sekaligus kebersihan hati. Berikut 5 Manfaat mandi sebelum subuh: 

1. Bikin Awet Muda

Tampil segar dan terlihat awet muda tentu menjadi impian semua orang, baik laki-laki atau perempuan tentu ingin dirinya terlihat awet muda meski usia sudah cukup berumur. Untuk itu tidak heran jika banyak orang yang rela melakukan berbagai macam perawatan guna memenuhi keinginannya. 

Namun, rajin mandi sebelum subuh adalah cara paling mudah dan terbukti ampuh agar tetap awet muda. Cara ini konon sering dilakukan oleh orang-orang jaman dulu loh.

2. Kebal Ilmu Goib

Meski jaman sudah cukup modern tidak jarang orang dengki yang masih mengunakan ilmu sihir, guna-guna dan ilmu sesat lainnya. Itulah kenapa umat islam dianjurkan untuk selalu membentengi diri dengan iman dan selalu meminta perlindungan pada Allah. 

Namun selain berdoa pada Allah, mandi sebelum subuh juga dianjurkan sebagai bagian dari ikhtiarmu dalam membentengi diri dari ilmu sihir.

3. Wajah Bercahaya

Udara subuh adalah udara yang bersih karena belum tercampur nafas orang-orang munafik, sebab diwaktu tersebut cuma orang munafik yang malas melakukan aktifitas, termasuk melaksanakan shalat. Itulah kenapa mandi sebelum subuh sangat dianjurkan karena dapat membuat wajah nampak bercahaya.

Cahaya yang terpancar darinya jauh lebih terang dari perawatan mahal yang sering lakukan. Insya Allah.

4. Doa Mudah Dikabulkan Oleh Allah

Ketika punya hajat yang tidak kunjung dikabulkan oleh Allah, cobalah untuk memperbanyak doa sekaligus melakukan hal-hal baik sebagai bagian dari ikhtiarmu. Misalkan, rajin bangun sebelum subuh dan berdoa secara berulang-ulang. 

Jangan lupa, sebelum curhat pada Rab-mu pastikan diri dalam keadaan bersih dan suci. 

5. Tidak Mudah Sakit

Bisa dipastikan bahwa orang yang rajin mandi sebelum subuh jarang terkena penyakit Ain (sakit demam, pilek dan lain sebagainya.) Ini membuktikan bahwa mandi sebelum subuh tidak hanya bermanfaat untuk batin tapi juga badan kita.

Bahkan, orang yang bangun lebih awal dari matahari bisa meningkatkan mood dan produktivitas.

Itulah beberapa manfaat mandi sebelum subuh yang bisa kamu lakukan setiap hari.

Post a Comment for "5 Manfaat Mandi Sebelum Subuh Bagi Kesehatan Lahir dan Batin"