Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Hikmah dan Manfaat Sakit Menurut Islam yang Sering Dilupakan

4 Hikmah dan Manfaat Sakit Menurut Islam yang Sering Dilupakan
Images: iStockphoto
Ketika badan diberi sakit oleh Allah baru akan terasa betapa berharganya badan sehat. Dan saat sakit selain menyesali waktu yang terlewati secara cuma-cuma, banyak pertanyaan yang timbul.  ''Apakah Tuhan menghukumku? inikah azab yang harus aku terima?'' dan masih banyak prasangka buruk lainnya. 

Padahal dengan diberi sakit harusnya lebih bersyukur dan lebih musahabah diri. Kenapa? karena banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari rasa sakit yang diterima. Berikut ini hikmah dibalik sakit.

1. Penggugur Dosa

Sebagai manusia biasa kita pasti tidak akan luput dari yang namanya dosa, baik khilaf yang disengaja atau tidak disengaja. Dan dosa itu sendiri sudah sepantasnya dihapus dengan minta ampunan pada Allah, dan Allah punya cara sendiri untuk menghapus dosa hambanya, dimana yang salah satunya dengan memberi sakit. Itulah kenapa kita tidak boleh ngeluh apalagi sampai bilang Allah jahat, karena sakit yang kamu rasakan saat ini bisa menjadi penggugur dosa-dosa kita dimasa lalu. 

Nabi SAW bersabda: ''Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, kesakitan, dan juta kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.'' (HR. Muslim)

2. Belajar Bersyukur

Saat sehat banyak hal bisa dilupakan, yang salah satunya lupa bahwa ada saatnya kita sakit, kurang menghargai waktu, makanan, dan juga kesempatan. Setelah sakit barulah menyadari bahwa waktu sangat berharga dan sulit untuk diulang dan makanan yang sering mubasir sekarang baru terasa betapa susahnya untuk menelan sebutir nasi dan kesempatan untuk berbenah yang sering ditunda. 

3. Jauh Dari Siksa Api Neraka

Banyak amalan yang bisa dilakukan oleh hamba Allah jika ingin terbebas dari siksa api neraka, mulai dari melakukan amalan-amalan yang dianjurkan sampai melatih hati agar tetap sabar dalam menghadapi ujian dari Allah. Bahkan saat sakitpun kita dianjurkan untuk ikhlas agar jauh dari panasnya api neraka.

Nabi SAW bersabda: ''Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dan api neraka.'' (HR. a-Bazzar)

4. Sumber Kebaikan

Berbahagialah bagi orang yang tetap sabar meski Allah memberi ujian berupa rasa sakit dalam hidupnya. InsyaAllah itu merupakan pintu masuknya segala kebaikan yang akan datang padamu.

''Sungguh semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang-orang mukmin. Jika ia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika ia mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya.'' (HR Muslim)

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian yang menimpa dalam hidup ini.

Post a Comment for "4 Hikmah dan Manfaat Sakit Menurut Islam yang Sering Dilupakan"