Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Tidak Malas dan Rajin Shalat 5 Waktu

6 Cara Tidak Malas dan Rajin Shalat 5 Waktu
Images: Freepik
Meski shalat merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar dengan apapun, tapi masih ada saja hamba yang sering malas dan mengabaikan yang namanya shalat. Malasnya shalat bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor yang salah satunya karena kesibukan dan aktifitas dunia yang engan untuk ditinggalkan walau sejenak.

Sebenarnya malas melakukan shalat bisa dihilangkan asal hati benar-benar niat ingin berbenah dan punya tekad untuk rajin melaksanakan perintah Allah yang satu ini. Berikut cara agar tidak malas dan rajin melaksanakan shalat. 

1. Jadikah Shalat Prioritas

Pada dasarnya shalat merupakan aktifitas utama yang harus dikerjakan oleh umat islam, jadi latih hati agar menganggap shalat adalah kewajiban yang harus diutamakan, dan tidak ada sesuatu yang layak lebih didahulukan selain shalat. 

Dengan sadarnya hati betapa pentingnya shalat akan menimbulkan rasa takut dan was-was ketika tidak melakukan.

2. Anggap Shalat Sebagai Aktifitas Penting

Setiap hari punya kebiasaan makan, kerja dan tidur, anggaplah shalat sama pentingnya dengan aktifitas yang sering kamu lakukan setiap hari. Kalau gak makan bisa lapar, kalau gak kerja bisa miskin, kalau gak tidur bisa ngantuk dan kalau tidak shalat bisa masuk neraka. 

Percayalah, kalau shalat sudah masuk dalam list aktifitas terpentingmu ia akan menjadi kebutuhan dan akan terasa ada yang kurang sebelum melaksanakannya.

3. Shalat Tepat Waktu

Coba untuk membiasakan diri dengan shalat tepat waktu, sebab kalau keseringan ditunda akan menimbulkan rasa malas, bahkan bisa meninggalkannya tanpa merasa berdosa pada Allah. Karena yang namanya setan tidak akan putus asa dalam menggoda umat islam agar lupa akan kewajibannya.

Untuk itu, ketika memasuki waktu shalat sudahi dulu pekerjaanmu dan segeralah dirikan shalat dengan hati yang lapang, artinya melepaskan diri dengan urusan dunia sejenak.

4. Selalu Bersyukur

Dalam hidup kita memang diwajibkan untuk bersyukur atas apa yang Tuhan berikan sampai saat ini. Mulai dari kesehatan, pekerjaan, asmara dan cinta antar keluarga. Dengan bersyukur kamu akan menyadari betapa baiknya Allah. 

Dengan sejuta nikmat yang dirasakan apa gak malu kalau gak melakukan kewajibanmu sebagai umat islam, bukankah sudah tau bahwa shalat adalah tiang agama.

5. Ingat Maut Bisa Datang Kapan Saja

Biasanya orang yang malas melakukan ibadah adalah mengangap bahwa umurnya masih panjang dan tidak perlu ibadah sekarang, ''Kan masih ada hari esok'', itulah kata yang sering diucapkan oleh orang yang suka nunda ibadah. Padahal, umur tua tidak dijanjikan pada siapapun, ia bisa datang kapan dan dimanapun kamu berada.

InsyaAllah, kalau menyadari bahwa umur bisa habis kapan saja hati senantiasa takut untuk meninggalkan ibadah termasuk shalat.

6. Berteman Dengan Orang yang Rajin Shalat

Lingkungan juga sangat berperngaruh pada kepribadian seseorang, itulah kenapa dalam islam kita dianjurkan berteman dengan orang-orang shaleh. 

Meski saat ini kita belum baik dan masih malas shalat, dengan berada dilingkungan yang baik insyaAllah perlahan kita akan menjadi baik dan rajin melakukan kewajiban-kewajiban yang sudah seharusnya dikerjakan dengan ikhlas.

Itulah tips agar rajin shalat. Semoga kita bukan termasuk orang yang lalai.

Post a Comment for "6 Cara Tidak Malas dan Rajin Shalat 5 Waktu"