Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Keutamaan Bagi Orang Berkurban di Hari Raya Idul Adha

6 Keutamaan Bagi Orang Berkurban di Hari Raya Idul Adha
Images: Pixabay
Berkurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan bagi hamba yang dicukupkan dalam segi finansial dan kemantapan hati, sebab berkurban tidak hanya berbagi kebehagiaan dengan orang lain, tapi juga akan mengundang banyak kebaikan pada orang yang melakukannya.

''Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).'' (QS. Al-Kautsar: 2)

Berikut beberapa keutamaan orang yang berkurban dihari raya idul adha.

1. Perintah Allah

Saat Allah menaikan level rezekimu, jangan hanya naikkan level gaya hidupmu. Tapi, naikkan level sedekahmu dengan berkurban misalnya. Allah sudah memerintahkan semua umat muslim yang merasa mampu melaksanakan qurban dihari raya Idul Adha, dan perintah ini diperkuat dengan firmannya: 

''Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.'' (QS.S.Al-Kautsar {108};2).

2. Meningkatkan Ketaqwaan

Jika tulus dan bersungguh-sungguh banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketaqwaan pada Allah, yang salah satunya dengan berqurban. Sebagaimana yang tertulis dalam surat Al-Maidah ayat 27:

''Sesungguhnya Allah hanya menerima (Kurban) dari orang-orang yang bertaqwa.''

3. Empati dan Solidaritas

Sebagai mahluk sosial yang sewaktu-waktu butuh pertolongan orang lain, sudah sepantasnya kita belajar empati dan solidaritas antar sesama. Tidak egois dan selalu berusaha bersikap ramah pada siapapun tanpa harus memandang statusnya apa.

''Rasulullah memerintahkan kepadamu untuk mengurusi hewan kurbannya, membagi-bagikan dagingnya, kulit dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi sesuatu apapun deri hewan kurban (sebagai upah) kepada penyembelihnya.'' (Ali Bin Abu Thalib)

4. Menambah Amal Kebaikan

Selagi nafas masih berhembus, Allah membuka lebar kesempatan bagi siapa saja yang ingin menumpuk amal kebaikan. dan dalam mengumpulkan amal kebaikan tidak boleh ditunda-tunda karena kita tidak tau seberapa lama kita berdiri dibumi ini. 

''Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.'' (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

5. Paling Disukai Allah

Allah sangat mengasihi orang-orang yang ikhlas melakukan kurban dihari raya Idul Adha, dan memasukkannya dalam golongan orang-orang yang dimuliakan. Apalagi amalan yang paling Allah sukai dihari tersebut adalah berkurban.

Dari Aisyah, Nabi SAW bersabda: ''Tidak ada amalan anak cucu adam pada hari raya kurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban),'' (HR. Ibnu Majah dan At-Tirmidzi).

6. Bukti Kamu Hamba yang Bersyukur

Hewan qurban yang kamu sedekahkan merupakan bentuk rasa syukur terhadap apa yang sudah Allah berikan dalam hidupmu, baik itu kesehatan, keluarga, sahabat, kesempatan dan juga juga rezeki. dan erkurban dengan niat ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

''Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang maha esa,karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). (QS: Al-Hajj ; 34)

Post a Comment for "6 Keutamaan Bagi Orang Berkurban di Hari Raya Idul Adha"