Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tips Romantis Kepada Istri Ala Rasulullah SAW, Wajib Ditiru

8 Tips Romantis Kepada Istri Ala Rasulullah SAW, Wajib Ditiru
Images:  Mohtarma Heer
Tidak mungkin pernikahan itu berjalan lurus-lurus saja tanpa ada kebosanan dan juga masalah-masalah lainnya, lama tidaknya pernikahan tergantung bagaimana pasangan suami istri dalam menyikapi bumbu-bumbu didalamnya. 

Untuk mengurangi kebosanan dan meminimalisir terjadinya percekcokan dalam islam dianjurkan untuk selalu bersikap manis pada pasangan. Karena tidak hanya ibadah, bermesra-mesraan saja juga dinilai sebagai pahala. MasyaAllah. 

Namun, ada kiat-kiat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga keutuhan cinta dan keromantisan rumah tangga. Seperti yang kita ketahui bahwa baginda Nabi SAW adalah sosok teladan yang dikenal selalu bersikap manis terhadap istri-istrinya. Berikut tips romantis pada istri ala Rasulullah: 

1. Tidur Satu Selimut

Namanya juga sudah halal, belajarlah untuk tidak bersikap jaim dengan menggunakan satu selimut berdua dengan pasangan. Perilaku ini adalah teladan yang dilakukan Rasulullah SAW ketika tidur dengan istri-istrinya. 

Ketika Nabi sedang berada dalam satu selimut dengan Aisyah, tiba-tiba Aisyah bangkit. Nabi kemudian bertanya: ''Mengapa engkau bangkit?''

Aisyah RA Menjawab: ''Karena aku sedang haid wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah berkata ''Kalau begitu pergilah, lalu berkainlah dan mendekatlah kembali denganku. ''Aisyah pun masuk lalu berselimut bersama beliau.'' (HR Sa'id bin Manshur).

2. Mandi Bersama

Berkasih-kasih bisa dilakukan dengan mandi bersama dengan pasangan, dimana satu sama lain bisa saling berubut gayung dan saling melempar senyuman. Selain bernilai sedekah, tingkah manis yang satu ini akan mempererat hubungan antara suami dan istri.

Aisyah RA berkata: ''Aku mandi bersama Rasulullah dari satu bejana. Kemudian Rasulullah mendahuiku sampai aku berkata, ''Tinggalkan untukku. Tinggalkan untukku.'' (HR. Muslim)

3. Sering Mencium Istri

Jangan ragu untuk mendaratkan ciuman pada istri, sebab selain merupakan kiat yang diajarkan Rasulullah sering mencium istri akan semakin menambah bumbu-bumbu manis dalam menjalani biduk rumah tangga.

Dari Hafshah, putri Umar RA: ''Sesungguhnya Rasululah SAW biasa mencium istrinya sekalipun sedang puasa. (HR. Ahmad).

4. Bercanda

Ini rumah tangga bukan rumah duka, jadi sering-seringlah bercanda dan menciptakan suasa yang penuh dengan canda tawa. Dalam islam bercanda dengan pasangan sangat dianjurkan agar tidak lagi canggung dan menambah kehangatan. Terbukti Rasullullah adalah teladan yang sering bercanda dengan istri-istrinya. 

Dari Zid bin Tsabit, ia berkata tentang Rasulullah SAW: ''Beliau orang yang suka bercanda dengan istrinya.'' (HR Bukhari).

5. Tidak Mencela Masakan Istri

Salah satu yang menyakitkan bagi istri adalah saat makanan yang ia masak dengan harapan suami akan menyukai tapi malah dicela, ini termasuk perbuatan yang dilarang dalam islam, karena selain menjatuhkan kepercayaan diri wanita juga mengingkari teladan yang sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW. 

''Rasulullah SAW juga tak pernah mencela masakan istri. Kalau beliau suka akan dimakan, kalau tidak suka, beliau biarkan tanpa mencacatnya.'' (HR. Bukhari).

6. Memanggil Istri Dengan Mesra

Panggilah wanita dengan sapaan yang lembut, sebab wanita itu paling suka kalau sudah dilembutin apalagi oleh orang yang ia anggap spesial seperti suami misalnya. Itulah kenapa para suami dianjurkan untuk selalu berucap lembut dan mesra. Bahkan Rasulullah SAW memanggil salah satu istrinya yaitu Aisyah dengan sebutan Humaira. 

Dakan hadis riwayat Nasai, Rasulullah SAW memberi panggilan Aisyah dengan mesra yakni 'ya Humaira', yang berarti kemerah-merahan. Panggilan tersebut merupakan ungkapan betapa kagumnya Nabi SAW pada kecantikan Aisyah.

7. Memberi Hadiah

Memberi hadiah pada istri merupakan salah satu teladan yang diajarkan Rasulullah, dimana beliau tidak sungkan dalam memberi hadiah pada istrinya.

Pada hakikatnya memberi hadiah pada istri tidak harus dengan barang-barang mewah, cukup sederhana yang penting usaha dan ketulusanmu untuk membuat hati istrimu senang. 

8. Berbaring Dipangkuan Istri

Istri adalah orang yang selalu siap jika kamu ingin berbagi lelah dan bercerita banyak hal, ia bisa jadi sandaranmu ketika lelah dengan berbaring dipangkuannya, sebab melepas penatnya bekerja dipangkuan istri itu sangat mendamaikan. 

Aisyah RA berkata: ''Pernah Rasululah SAW berbaring dipangkuanku, saat aku sedang haid, lalu berliau membaca Al-qur'an.'' (HR. Muslim).

Itulah beberapa hal romantis yang bisa diteladani oleh pasangan suami istri agar hubungan langgeng, bahagia dan juga penuh keberkahan. 

Post a Comment for "8 Tips Romantis Kepada Istri Ala Rasulullah SAW, Wajib Ditiru"