Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Adab Main Sosmed Menurut islam

7 Adab Main Sosmed Menurut islam
Images: Pixabay
Sebagai generasi yang hidup di era digital seperti sekarang rasanya kita tidak bisa lepas dari yang namanya medsos, media sosial seolah menjadi kebutuhan pokok yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan seperti belanja, silaturahmi, bahkan mengghibah-pun bisa dilakukan disosial media.

Namun, sebagai manusia yang diberi akal dan agama yang sempurna kita harus tau dimana batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan disosial media, jangan sampai sosial mediamu berubah fungsi menjadi ladang untuk menumpuk dosa. belajarkan etika dalam bersosial media, seperti berikut ini:

1. Perhatikan pertemanan

Menyeleksi teman harus tetap dilakukan baik didunia nyata maupun didunia maya, karena teman adalah sosok yang cenderung paling mudah mempengaruhi kepribadian seseorang. Dalam bermedsos hindari komonitas yang pada akhirnya menjerumuskanmu, dan jangan gampang terpengaruh pada status seseorang yang belum jelas kebenarannya. 

Ibnu Mas' ud berkata: ''Jika engkau sekedar menjadi pengikut kebaikan, maka itu lebih baik daripada engkau menjadi panutan dalam kejelekan.'' 

2. Jangan Menghasud Apalagi Memfitnah

Bukan hal yang aneh di era digital seperti sekarang banyak sekali bertebaran disosial media berita-berita hoax dan saling hujat menghujat, bahkan perbuatan keji seperti fitnah sudah dianggap biasa. 

Padahal dalam islam perbuatan semacam ini sangat dilarang, karena tidak hanya merugikan orang lain tapi akan terus tertanam rasa benci yang terus berkepanjangan.

3. Menjaga Batas Pergaulan

Didunia maya banyak sekali hal-hal yang kadang menarik hati meski pada dasarnya hal itu berdampak kurang baik, itulah kenapa kita harus bijak dalam bersosial media, jaga batas pergaulan jangan sampai terjerumus pada hal-hal yang justru merugikan diri sendiri.

4. Muraqabah

Ini merupakan hal yang harus dilakukan dimanapun kita berada, punya kesadaran bahwa Allah selalu melihat apa yang kita lakukan meskipun ditempat yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia. Dengan mempunyai kesadaran seperti ini kita akan lebih berhati-hati dalam mengetik, melihat dan mendengarkan hal-hal yang mengundang murka Allah.

Allah SWT berfirman: ''Jika kamu menampakkan sesuatu atau menyembunyikannya, maka sesungguhnya Allah maha mengetahui segala sesuatu.'' (QS. Al-Ahzab: 54)

5. Mengumpulkan Kebaikan

Punya sosial media dan mampu mengakses berbagai macam hal, sangat disayangkan ketika itu tidak kamu gunakan untuk mengumpulkan kebaikan, seperti berdakwah, beri nasehat dan menyebarkan perbuatan-perbuatan baik sebanyak mungkin. 

Bayangkan, berapa banyak pahala yang akan terus mengalir jika kamu memposting kebaikan dilaman media sosialmu. 

6. Ingat Hisab

Tidak hanya didunia nyata, dalam dunia maya kita juga harus ingat bahwa apa yang kita ketik, dan kita lakukan disosial media akan diminta pertanggung jawabannya kelak. yang sering memfitnah, yang sering menyebar berita bohong dan yang suka mengumbar aurat semua akan Allah minta pertanggung jawabnya.

Tidak hanya itu, selama perbuatan burukmu masih bisa diakses oleh orang lain dosamu akan terus mengalir sekalipun nafasmu sudah terhenti. 

7. Jangan Lalai

Tidak ada larangan dalam bermain medsos, namun harus tau waktu! jangan sampai hal-hal penting lainnya jadi terbengkalai karena asik bermain medsos, melupakan kewajiban-kewajiban yang seharusnya tidak boleh ditinggalkan.

Untuk itu, aturlah waktu dengan baik, tau kapan harus bermain dan tau kapan harus berhenti dan melakukan kewajiban.


Post a Comment for "7 Adab Main Sosmed Menurut islam"