Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat dan Pahala Menikah Dalam Islam Tercatat Dalam Alquran

5 Manfaat dan Pahala Menikah Dalam Islam Tercatat Dalam Alquran
Images: Pixabay
Manusia sudah Allah ciptakan lengkap dengan rezeki dan pasangannya masing-masing, tinggal bagaimana cara kita dalam menjemput sesuatu yang sudah Allah sediakan. Mau menggunakan cara halal atau cara yang tidak Allah Ridhai, terserah. yang jelas semua akan diminta pertanggung jawabannya. 

Begitupan soal cinta, banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengecap manisnya, namun Allah sudah menyiapkan cara paling indah untuk bisa menikmatinya tanpa ada dosa sebagai sanksinya, yakni pernikah. Sebab, tidak ada cara paling baik untuk menyatukan cinta selain pernikahan. 

Untuk itu menikahlah jika sudah merasa mampu, jangan memikirkan hal-hal yang membuatmu takut dan mengulur-ngulur waktu untuk melakukan ibadah yang satu ini. Percayalah, jika ikhlas melakukannya semata-mata karena Allah semua akan baik-baik saja. dan Allah sudah janjikan pahala bagi orang yang menikah. Berikut diantaranya:

1. Jauh Dari Maksiat

Menikah tidak hanya sekedar berkah tapi merupakan penyelamatmu dari hal-hal yang berbau maksiat, seperti zina mata, zina telinga dan maksiat-maksiat lain yang dilarang dalam islam. InsyaAllah, jika selama sendiri sering melakukan maksiat, setelah menikah kebiasaan itu akan hilang atau setidaknya berkurang. 

Surat Al-Qur'an Al-baqarah ayat 187: ''Dihalakan bagi kamu pada malam hari bercampur dengan istri-istri kamu, mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasannya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu.''

2. Pahala Berlimpah

yang dulunya haram ketika dipandang atau disentuh, ketika menikah semua yang dulunya dilarang sudah menjadi halal bagimu. Bahkan, bermesraan dan bersenda gurau dengan pasangan juga akan dinilai pahala. Ini merupakan bukti betapa pernikahan akan memberimu pahala yang berlimpa-limpah.

3. Rezeki Melimpah

Jangan takut menikah dengan alasan takut miskin dan tidak bisa berkembang, segeralah menikah tanpa terlalu memusingkan hal-hal yang membuatmu takut. Allah akan menjamin rezekimu jika kamu benar-benar menikah karenanya. 

Nabi SAW bersabda: ''Rezeki dapat bertambah dengan sebab menikah. ''Begitu juga, ''Menikahlah kalian, niscaya kalian akan didatangi oleh banyak harta.'' (HR. Bazzar)

4. Menyempurnakan Agama

Sejatinya pernikahan adalah bagian dari ikhtiar untuk menyempurnakan keimanan kita, sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW:

Dari Anas bin Malik RA: ''Jika seseorang telah menikah, berarti ia telah menyempurnakan separuh agama. Maka hendaklah ia bertaqwa kepada Allah pada separuh sisanya.''

5. Berusaha Menjadi Lebih Baik

Menikah adalah ibadah yang cukup dianjurkan dalam islam, dimana setiap insan bisa terus berbenah dan memperbaiki diri setiap harinya, menumpuk pahala dengan memuliakan pasangan yang sudah Allah titipkan. 

''Rasulullah SAW bersabda: sebaik-baiknya kalian adalah suami yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku.''

Itulah pahala orang yang menikah, semoga kita bisa disatukan dengan orang yang dicaintai dalam ikatan yang halal.

Post a Comment for "5 Manfaat dan Pahala Menikah Dalam Islam Tercatat Dalam Alquran"