Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dianggap Biasa, Ini 6 Tanda-tanda Anak Durhaka Kepada Orang Tua

Dianggap Biasa, Ini 6 Tanda-tanda Anak Durhaka Kepada Orang Tua
Images: Pixabay
Meskipun sudah bersama sejak dalam kandungan, yang namanya hubungan antara ibu dan anak tidak selamanya berjalan mulus. Tidak jarang diantara keduanya yang berselisih paham dan tanpa disadari tindakan tersebut manjadi bentuk kedurhakaan seorang anak pada orang tua. 

Seperti hal berikut ini merupakan bentuk kedurhakaan anak pada orang tua yang jarang disadari. Mereka menganggapnya biasa, padahal termasuk dosa besar karena telah melukai hati orang tua. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Mendoakan Hal Buruk Pada Orang Tua

Setiap perkataaan adalah doa, itulah kenapa dalam islam sangat dianjurkan untuk berkata yang baik-baik atau kalau tidak bisa lebih baik diam. Apa lagi saat berbicara sama orang tua, hendaklah menggunakan kalimat yang halus agar tidak dilaknat Allah. 

Nabi SAW bersabda: ''Allah melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya.''

2. Tidak Menuruti Perintah Orang Tua

Kebanyakan anak jaman sekarang sering kali menolak ketika orang tua minta bantuan, Padahal selain perintah Allah, perintah orang tua merupakan hal yang harus dipatuhi dan tidak boleh ditawar.

Sejatinya orang tua itu mau yang terbaik untuk anaknya, apapun perintahnya asal tidak melanggar hukum agama hendaklah untuk segera mengerjakannya sekalipun itu merupakan hal yang tidak kamu sukai. 

3. Membuat Orang Tua Marah/menangis

Ketika kecil orang tuamu dengan susah payah mengajarkan berdiri dan berbicara, jangan marah apalagi sampai menggunakan kefasihan bicaramu untuk berdebat sampai melukai hati orang tua. 

Ingat, setitik air mata ibu yang tumpah akibat perbuatanmu, samalah pedihnya seperti sebutir peluru yang menembus dadamu. 

4. Lebih Mengutamakan Istri

Sudah bukan hal aneh jika anak pelan-pelan melupakan orang tua seiring dirinya tumbuh dan punya keluarga sendiri. Padahal yang namanya anak sampai kapanpun tidak ada kata usang, lebih-lebih anak laki-laki. Ia tetap milik ibunya sampai kapanpun meski dia telah menikah. 

Aturlah waktu antara pasangan dan orang tua dengan baik, jangan sampai membeda-bedakan apalagi sampai melupakan salah satunya.

5. Menelantarkan Orang Tua

Sejak kecil orang tua tidak pernah lelah merawat dan menyiramimu dengan kasih sayang, apapun kondisinya mereka tidak akan rela melihat anak-anaknya hidup dalam kesusahan. 

Namun, berbeda dengan seorang anak, kebanyakan dari mereka yang engan merawat orang tua dikala usia senja. Berbagai macam alasan mereka gunakan agar bisa lepas tangan dari kewajiban yang seharusnya dilakukan dengan rasa ikhlas dan rasa sayang. 

6. Malu Mengakui Orang Tua

Seburuk apapun orang tuamu dimata dunia, kamu layak untuk berbangga hati karena telah dilahirkan dan dibesarkan oleh mereka. 

Sebab tidak ada orang tua yang jahat pada anak-anaknya, yang mereka lakukan tidak lain  hanyalah ingin yang terbaik untuk anak-anaknya. 

Post a Comment for "Dianggap Biasa, Ini 6 Tanda-tanda Anak Durhaka Kepada Orang Tua"