Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MasyaAllah, Ini 7 Manfaat Puasa Dibulan Suci Ramadhan

MasyaAllah, Ini 7 Manfaat Puasa Dibulan Suci Ramadhan
Images: Pixabay
Puasa Ramadhan adalah salah satu ibadah yang tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga harus menahan segala perbuatan-perbuatan buruk dan segala bentuk kemaksiatan. Baik yang dilihat, didengar dan diucapkan. 

Selain menahan, dibulan Ramadhan kita juga dianjurkan untuk melakukan perbuatan baik seperti berdekah, silaturahmi dan lain sebagainya. Ini sangat perting karena semua amal kebaikan akan dilipat gandakan oleh Allah.

Berbicara manfaat bagi orang yang menjalani puasa Ramadhan tidak akan ada habisnya, mengingat betapa mulia dan istimewanya bulan ini. Berikut beberapa keistimewaan bagi orang yang menjalani puasa Ramadhan.

1. Melatih Kesabaran 

Orang puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga menahan amarah, suudzon atau bersangka buruk pada orang lain. Selain itu kita juga dianjurkan untuk melatih kesabaran dan menerima semua yang terjadi dengan hati yang lapang.

2. Semua Kegiatan Dinilai Ibadah

Tidak hanya sekedar perbuatan baik saja, tidurnya orang yang berpuasa akan Allah hitung sebagai ibadah yang mendatangkan pahala yang melimpah-limpah. Itulah kenapa orang yang berpuasa ikhlas karena Allah tidak akan merasakan kerugian. 

3. Lebih Berhati-hati

Semua perbuatan buruk yang dilihat, didengar dan diucapkan sebaiknya dihindari. Sebab, puasa itu akan dinilai sempurna jika menjauhi semua perbuatan buruk dengan total. 

Dengan menyadari hal yang demikian itu orang berbuasa akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan bertingkah laku. 

4. Melatih Rasa Syukur

Orang yang berpuasa akan lebih mendalami makna dari yang namanya syukur, misalkan ketika berbuka puasa makan apapun akan terasa nikmat dan lebih menghargai apapan yang ada didepannya. Ini akan senantiasa melatih rasa syukur dengan sendirinya. 

5. Perduli Terhadap Sesama

Seperti yang biasa kita jumpai dibulan puasa, banyak orang yang bersedekah dengan bagi-bagi takjil secara gratis. Itu menunjukkan betapa orang yang berpuasa akan memiliki tingkat keperdulian lebih tinggi terhadap sesama. 

6. Giat Beribadah

Dengan puasa manusia akan lebih mudah mengingat Tuhannya, ketika sudah ingat manusia akan lebih giat dalam melakukan ibadah guna mempererat hubungan dengan Allah. Dengan demikian hidup akan menemukan keseimbangan. 

7. Melatih Kesederhanaan

Disaat waktu berbuka puasa kita dianjurkan untuk sedikit makan dan memperbanyak minum. Dengan demikian secara tidak langsung melatih hidup sederhana. Karena sebagai umat muslim yang baik, kita dianjurkan untuk mengikuti gaya hidup baginda Nabi SAW, yakni dengan bergaya hidup sederhana dan tidak berlebihan.  

Post a Comment for "MasyaAllah, Ini 7 Manfaat Puasa Dibulan Suci Ramadhan"