Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Tidak Sia-sia, Ini 8 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Menurut Islam Beserta Dalilnya

Agar Tidak Sia-sia, Ini 8 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Menurut Islam Beserta Dalilnya
Images: Pixabay
Sebagai umat muslim mungkin tau kewajibannya adalah melaksanakan puasa saat ramadha tiba, namun tidak semua orang yang benar-benar memahami apa dan mana yang tidak boleh dilakukan saat sedang melakukan puasa. Mengingat puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus tapi banyak hal yang tidak boleh dilakukan. Apa aja itu? Berikut diantaranya:

1. Muntah Dengan Sengaja

Muntah secara sengaja dilarang jika dilakukan oleh seseorang yang sedang malaksanakan puasa, kecuali muntah karena sakit atau keluar secara refleks. 

''Barang siapa yang terpaksa muntal, maka tidak wajib baginya untuk mengqadha' puasanya, dan barangsiapa muntah dengan sengaja, maka wajib baginya mengqadha' puasanya.''

2. Sengaja Puasa Saat Lagi Haid

Sudah dijelaskan dari berbagai hadist jika wanita haid tidak boleh melakukan puasa dan ibadah yang dilarang lainnya, dan termasuk dosa jika ada wanita yang sengaja mengabaikan haidnya dengan masih malakukan ibadah berpuasa. 

''Bukankah jika haid dia (Wanita) tidak shalat dan puasa? Kami katakan: ''Ya'', Beliau berkata: 'itulah (bukti) kurang agamanya''

3. Berdusta

Tidak hanya dihari-hari biasa, dibulan Ramadhan hendaklah untuk selalu berkata jujur dan jangan berdusta. Karena selain mendapat kepercayaan, orang yang berkata jujur akan senantiasa dilipat gandakan pahalanya oleh Allah.

''Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengalamannya, maka Allah tidak butuh kepada perbuatannya yang meninggalkan makan dan minum.'' (HR. Al Bukhari).

4. Makan dan Minum Dengan Sengaja

Puasa adalah menahan, menahan lapar, menahan haus dan menahan untuk tidak melakukan hal-hal buruk. 

''Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam''. (Al-Baqarah: 187)

5. Bersetubuh Siang Hari

Meskipun saat ini pasanganmu sudah halal dan kamu berhak untuk menggaulinya, namun diwaktu puasa perbuatah itu dilarang dalam islam. 

Allah berfirman: ''Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasannya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf  kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu.'' (Al-Baqarah ayat 187)

6. Tidak Shalat Wajib

Lemes karena puasa bukan alasan yang tepat untuk meninggalkan shalat 5 waktu, sebab merupakan bentuk kesia-siakan jika ada orang yang puasa namun sengaja meninggalkan shalat wajib.

7. Membuka Aib Orang Lain

Membuka aib saudara sendiri sangat dilarang dalam islam, lebih-lebih jika dilakukan oleh insan yang sedang malaksanakan puasa. Maka hendaklah untuk menjauhi perbuatan tercela ini agar puasanya berjalan dengan sempurna.

Nabi SAW bersabda: ''Barang siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat.'' (H.R Muslim)

8. Sibuk Dengan Dunia dan Lupa Sama Akhirat

Mengejar dunia untuk menopang kebutuhan hidup boleh-boleh saja, tapi jangan karena terlalu sibuk dengan urusan dunia kita mengabaikan kehidupan selanjutnya yaitu akhirat. Lebih-lebih disaat bulan Ramadhan, dimana saat Allah membuka kesempatan seluas-luasnya kita malah mengabaikan dan sibuk dengan urusan duniawi.

Post a Comment for "Agar Tidak Sia-sia, Ini 8 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa Menurut Islam Beserta Dalilnya"