Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Janji Allah, 8 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Sabar Hadapi Kesulitan

Janji Allah, 8 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Sabar Hadapi Kesulitan
Images: Pixabay
Sabar rasanya mudah sekali kalau diucapkan, tapi tidak ketika dipraktekan. Karena sabar itu merupakan ilmu tingkat tinggi yang belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak dan sekolahnya seumur hidup. Itulah kenapa tidak semua orang mampu menguasai yang namanya sabar. 

Karena menjalaninya cukup sulit, pahala dan balasan yang dijanjikan Allah untuk hamba-hamba yang bersabar juga tidak main-main. Berikut ini balasan istimewa bagi orang-orang yang sabar. 

1. Dicintai Allah SWT

Dicintai manusia adalah lembahnya cinta, sedangkan dicintai Allah adalah puncaknya. Orang sabar akan dicintai Allah sebagai hadiah bahwa ia sudah sabar akan segala hal yang sudah menjadi ketentuannya. 

Dalam surah Ali Imran ayat 146 Allah berfirman: ''Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikutnya yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak pula menyerah kepada musuh. Allah menyukai orang-orang yang sabar.''

2. Kabar Gembira

Tuhan itu baik, buktinya ia telah menyiapkan sesuatu yang indah sebagai buah dari kesabaranmu. Dimana hadiah tersebut berupa kabar gembira, entah itu rezeki, kesehatan dan kabar gembira lainnya. Intinya sabarmu tidak akan sia-sia. 

''Berikanlah kabar gembia kepada orang-orang yang sabar. Yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan: ''Inna Lillaahi Wa innaa Ilaihi Roji'uun'' (Sesungguhnya kamu adalah milik Allah dan kepadanyalah kami kembali).'' (QS. al-baqoroh {2}: 155-156)

3. Balasan yang Terbaik

Orang sabar adalah orang yang dikasihi Allah. Maka tidak heran jika ia telah menyiapkan balasan terindah yang jauh lebih baik dari amalan-amalan sebelumnya. Sebab Allah tau betapa tidak mudahnya seorang insan dalam menahan sabar. 

''Dan sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.'' (QS An-Nahl:96)

4. Keberuntungan

Keberuntungan akan senantiasa mengiringi setiap langkah orang-orang yang bersabar. Beruntung baik itu dalam karir, pertemanan dan bahkan percintaan. Faktanya orang sabar lebih minim frustasi dan putus asa karena kegagalan, karena mereka lebih teliti dalam mengambil keputusan, dan hatinya pun juga udah teruji jikalau harus dibenturkan dengan situasi yang mengecewakan.

''Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.''

5. Kemudahan

Allah tidak menjanjikan jalan hidup selalu berjalan mulus dan lurus, tapi Allah menjanjikan akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan. Untuk itu, sebagai umat islam kita dianjurkan selalu bersabar dan selalu bersangka baik akan setiap rencananya. 

6. Pahala Tanpa Batas

Sabar dulu, sabar lagi dan sabar terus. Itulah cara bijak dalam menyikapi setiap persoalan yang kita anggap sulit dan terasa berat untuk dijalani. Dengan sabar, kita tidak hanya bisa melewatinya dengan lebih mudah, tapi pahala yang melimpah juga Allah berikan bagi hamba-hamba yang bersabar. 

''Sesungguh hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.'' (QS Al-Zumar: 10)

7. Martabat Tinggi

Tidak hanya didunia saja, diakhirat kelak Allah menjanjikan martabat tinggi bagi hamba yang bersabar selama didunia. Janji ini diperkuat dengan firmannya. 

Dalam surah Al-Furqan ayat 75 Allah berfirman: ''Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat didalamnya.''

8. Balasan Surga

Surga adalah hadiah terindah yang diberikan oleh Allah untuk orang-orang yang senantiasa melatih hatinya untuk bersabar. Sungguh, Allah tidak akan main-main akan setiap janjinya. 

Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda. Allah berfirman: ''Tidak akan balasan yang sesuai disisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudiana ia rela dan bersabar kecualisurga.'' (HR. Bukhari).

Itulah beberapa balasan istimewa bagi hamba-hamba yang bersabar. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "Janji Allah, 8 Keutamaan dan Balasan Bagi Orang yang Sabar Hadapi Kesulitan"