Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Disakiti! 7 Hewan Kesayangan Para Malaikat Menurut Islam

Jangan Disakiti! 7 Hewan Kesayangan Para Malaikat Menurut Islam
Images: Pixabay
Allah menciptakan hewan lengkap dengan keunikannya masing-masing. Meskipun tidak memiliki akal sesempurna manusia, ternyata ada sebagian hewan yang memiliki tingkat kepintaran yang tinggi sehingga sejak jaman para Nabi mereka telah ikut andil dalam penyebaran agama islam. 

Seperti hewan-hewan berikut ini merupakan mahluk yang beda dari yang lain karena memiliki keistimewaan dan kecerdasan yang luar biasa. Bahkan mereka disebut-sebut sabagai hewan yang paling disukai para malaikat. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Kucing

Kucing memang menjadi salah satu hewan paling banyak digemari dan banyak pula orang yang memeliharanya. Sebab disamping bentuknya yang imut, tingkahnya juga manja. Namun tahukah kalian bahwa kucing merupakan hewan kesayangan Nabi SAW? Bahkan tidak hanya baginda Nabi saja, para malaikat juga suka dengan hewan yang satu ini. 

2. Kuda

Sebelum semodren hari ini, kuda sangat dianjurkan untuk dipelihara oleh umat muslim sebab sangat berguna untuk bepergian dan lain sebagainya. Selain itu, kuda juga berjasa dalam penyebaran agama islam, bahkan hewan yang satu ini disebut-sebut sebagai sahabat Rasulullah SAW. 

''Barang siapa yang menahan seekor kuda dijalan Allah dengan keimanan dan membenarkan janjiNya, maka kenyangnya kuda itu, kotorannya, dan air kencingnya akan ada didalam timbangan kebaikannya kelak di hari kiamat.'' (HR. Muslim)

3. Ular

Meskipun dikenal dengan hewan berbisa dan mematikan, ular ternyata juga merupakan hewan yang disukai oleh para malaikat. Ini berkaitan dengan kisah Nabi Musa yang membelah lautan merah dengan menggunakan tongkat yang menurut ilusi manusia adalah ular. 

Bahkan sebagian ulama menyarankan untuk tidak membunuh ular kalau keberadaannya tidak membahayakan kita.

4. Ikan Paus

Mungkin pernah dengar dengan kisah Nabi yunus yang putus asa karena tidak berhasil menyebarkan dakwah Allah, dan berdiam selama 40 hari di dalam perut paus. Lewat hewan inilah Nabi yunus sadar akan kelalaian tugas yang diberikan Allah kepadanya.

Itulah salah satu alasan kenapa ikan paus masuk dalam daftar hewan yang disukai oleh para malaikat. 

5. Unta

Zaman dahulu kaum samud pernah di azab oleh Allah karena berbuat zalim dengan membunuh unta. Maka tidak heran islam melarang menyakiti unta, karena bisa mendatangkan azab jika melanggar akan larangan tersebut.

Selain itu, unta juga mempunyai jasa dalam membantu Rasulullah hijrah ke madinah sebagai penunjuk jalan.

6. Burung Hud-hud

Hewan yang disukai malaikat selanjutnya ialah burung hud-hud. Bagi yang pernah membaca kisah Nabi sulaiman tentu sudah tau akan keistimewaan burung yang satu ini. Ia terkenal dengan cara berpikirnya yang strategis dan akurat, bahkan karena kecerdikannya burung hud-hud masuk dalam kategori burung terpintar didunia. 

7. Keledai

Meskipun kelihatan malas, keledai sebenarnya adalah hewan yang pekerja berat walau kadang lambat. Dan hewan yang satu ini memiliki keistimewaannya sendiri, dimana keledai termasuk dalam hewan yang paling disukai oleh para malaikat. 

Surat Al-Baqarah Allah SWT berfirman, ''Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum berubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian kamu menyusunnya kembali, kemudian kamu membalutnya dengan daging.''

Post a Comment for "Jangan Disakiti! 7 Hewan Kesayangan Para Malaikat Menurut Islam"