Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dianggap Remeh, 8 Kebiasaan Istri yang Justru Dibenci Allah

Dianggap Remeh, 8 Kebiasaan Istri yang Justru Dibenci Allah
Images: Pixabay
Menciptakan rumah tangga impian yang sesuai dengan syariat islam memang tidaklah mudah, perlu pembelajaran dan intropeksi diri setiap hari. Karena hampir setiap hari ada saja ujian yang tanpa sengaja membuat kita khilaf pada pasangan. Alil-alih dianggap remeh justru perbuatan tersebut merupakan bentuk kedurhakaan terhadap pasanga.

Seperti beberapa hal berikut ini merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh istri, padahal dalam islam sangat dilarang dan dibenci oleh Allah.

1. Menuntut Kesempurnaan

Sekuat apapun seorang suami dimatamu dia tetaplah manusia biasa yang tidak sempurna. Jadi, tidak usah menuntut sesuatu yang pada dasarnya dia (suami) tidak mampu untuk melakukannya. 

Daripada terus menuntut yang pada akhirnya menimbulkan pertengkaran, kenapa tidak saling melengkapi satu sama lain. 

2. Tidak Taat Pada Suami

Yang pasti tugas utama istri itu harus taat pada suami, apapun yang suami perintahkan istri harus nurut kecuali perintah itu melanggar hukum islam. Tugasmu sebagai istri harus nunduk dan nurut, itulah aturan dalam agama yang tidak bisa kamu ubah sekalipun pendidikan dan jabatanmu lebih tinggi dari suami. 

3. Keluar Tanpa Izin Suami

Baik jauh atau dekat, ketika hendak keluar rumah istri diwajibkan untuk izin dulu pada suami. Ini penting, sebab wanita yang nekad keluar rumah sementara suami tidak ridha Allah ikut melaknat perempuan tersebut. 

Nabi SAW bersabda: ''Siapa saja perempuan yang keluar rumahnya tanpa ijin suami dia akan dilaknat oleh Allah sampai dia kembali kepada suaminya atau suaminya ridha terhadapnya.'' (HR. Al Khatib).

4. Mengingkari Kebaikan Suami

Ini biasanya sering dilakukan oleh istri yang tidak pernah mau beryukur, apapun kebaikan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh suami selalu saja kurang dimatanya. Bahkan meski beribu kebaikan yang telah dilakukan suami, masih saja mulutnya sanggup mengatakan sedikitpun tidak kebaikan yang bisa dilihat dalam diri suami.

5. Mengungkit Kebaikannya Sendiri

Antara ikhlas atau tidak, istri yang sering mengungkit semua kebaikan yang selama ini dia lakukan juga termasuk dosa besar dimata Allah. 

Sebab, prilaku yang demikian itu secara tidak langsung sudah merendahkan kedudukan suami. Kebaikannya yang tidak seberapa diungkit terus, tapi kebaikan pasangan yang kadang tidak terhitung hanya dianggap angin lalu.

6. Cemburu Berlebihan

Cemburu itu wajar namanya juga wanita, apalagi melihat pasangannya dekat dengan orang lain. Namun, cemburu yang membati buta tanpa jelas alasannya itu juga bukan hal yang baik. 

Selain itu, cemburu yang berlebihan juga merupakan bentuk ketidak percayaan diri dan meragukan kesetiaan suami. Maka jangan terlalu cemburu, cemburulah sewajarnya saja.

7. Menjauhkan Suami Dari Keluarganya

Setiap pernikahan punya ujiannya masing-masing. Kalau gak diuji dengan anak, pasti dengan pasangan, atau dengan ipar, bahkan dengan orang tua suami (mertua). Itulah fenomena dalam rumah tangga yang tidak bisa kita bantah.

Namun, apapun itu ujiannya jangan sampai menjauhkan pasangan dari keluarganya, lebih-lebih dari ibunya. Sebab, bagaimanapun juga seorang suami masih harus menunjukkan darma baktinya sama orang tuanya sekalipun dia sudah menikah. 

8. Ngomong Kasar

Jadilah wanita yang lembut, dan turunkan suaramu saat berbicara dengan suami. Memang dalam rumah tangga ada saja ujian yang sangat menguras emosi, tapi jangan pernah ngomong kasar apalagi sampai membentak. 

Semarah apapun tetaplah gunakan adabmu sebagai seorang istri dan muslimah yang baik.

Post a Comment for "Dianggap Remeh, 8 Kebiasaan Istri yang Justru Dibenci Allah"