Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dahsyat, Ini 6 Keutamaan dan Manfaat Air Wudhu Menurut Islam

Dahsyat, Ini 6 Keutamaan dan Manfaat Air Wudhu Menurut Islam
Images: Pixabay
Sebelum shalat umat islam diwajibkan untuk berwudhu' atau menyucikan diri dari hal yang menajiskan. Sebenarnya tidak hanya hendak shalat saja, disela-sela aktivitas seperti bepergian, tidur dan mengerjakan sesuatu disarankan untuk bersuci agar senantiasa dalam lindungan Allah.

Nabi SAW bersabda: ''Barang siapa berwudhu' dan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-doa dari jasadnya hingga dari bawah kuku-kukunya''. (HR Muslim).  

Selain menyucikan diri, ada keutamaan dan manfaat berwudhu' yang jarang di ketahui. Berikut diantara: 

1. Perhiasan Surga

Keindahan surga sudah dijelaskan dengan jelas dalam Al-qur'an, dan kelak mereka para penghuni surga akan mengenakan pakaian dari sutra yang halus serta perhiasan-perhiasan. dan salah satu diantara perhiasan itu ialah air wudhu' yang sering membasahi tubuh mereka selagi didunia. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Perhiasan-perhiasan disurga itu sampai dari tubuh seorang mukmin, sesuai dengan anggota yang dicapai oleh wudhu. (Riwayat Muslim)

2. Penghapus Kejelekan

Orang yang berwudhu akan senantiasa dihapus kejekannya oleh Allah, dan hal ini diperkuat dengan dijelaskannya dalam berbagai hadits. 

''Apabila seorang dari kalian berwudhu' , lalu ia menyempurnakan wudhu'nya, kemudian ia pergi ke masjid semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidak ia melangkah kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.'' (HR. At-Tabrani).

3. Diampuni Dosa-dosa

Ampunan Allah bisa datang kapan saja dan lewat amalan apapun, termasuk dengan air wudhu'. InsyaAllah. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Barang siapa yang berwudhu' sedemikian, maka diampunkan untuknya dosa-dosa yang telah lalu dan shalatnya serta jalannya ke masjid adalah sunnah hukumnya.'' (HR. Muslim).  

4. Diizinkan Masuk Surga Lewat Manapun

Sebuah anugerah yang luar biasa bagi orang yang berwudhu, sebab Allah persilahkan mereka memasuki surganya lewat pintu manapun yang mereka mau. 

Nabi SAW bersabda: ''Setiap orang di antara kalian yang berwudhu dan memperbagus wudhunya itu, lalu berdoa setelahnya: Asyhadu anlaa ilaaha illalahu wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu wa rasuuluh.

Melainkan dibukakanlah untuknya pintu surga yang delapan buah banyaknya. Ia diperbolehkan masuk dari pintu mana pun juga yang dikehendaki olehnya.'' (HR. Muslim). 

5. Diangkat Derajatnya

Dengan wudhu' Allah akan mengangkat derajat seseorang yang awalnya dari bawah, Allah angkat ketempat yang lebih tinggi dan lebih terpuji.

Nabi SAW bersabda, ''Maukan kalian aku tunjukan amalan yang dengannya Allah akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat! Para sahabat berkata: ''Tentu, wahai Rasulullah. Kemudian Nabi SAW bersabda: ''Menyempurnakan wudhu' walaupun dalam kondisi sulit, memperbanyak jalan ke masjid, dan menunggu shalat setelah shalat, maka itulah yang disebut dengan ar ribath.'' (HR. Muslim).

6. Cahaya Wajah Dihari Kiamat

Kelak dihari kiamat semua manusia akan dikumpulkan dipadang mahsyar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya ketika didunia, dan beragam bentuk wajah mereka. Ada yang gelap dan ada pula yang bercahaya. 

Dari Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda: ''Sesunguhnya ummatku itu akan dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya wajahnya dan amat putih bersih tubuhnya dari sebab bekas-bekasnya berwudhu'. Untuk itu, barang siapa yang dapat di antara kalian semua hendak memanjangkan cahayanya, maka baiklah ia melakukannya degan menyempurnakan wudhu' itu sesempurna mungkin.'' (HR. Muttafaqun 'alaih)

Post a Comment for "Dahsyat, Ini 6 Keutamaan dan Manfaat Air Wudhu Menurut Islam"