Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Datangnya Rezeki Dari Allah

5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Datangnya Rezeki Dari Allah
Images: bareksa.com
Setiap manusia memang diciptakan lengkap dengan rezekinya masing-masing, dan kadar berkahnya itu tergantung bagaimana cara mereka dalam menjemput rezeki. 

Namun, meskipun terlahir lengkap dengan rezeki masing-masing belum tentu rezeki tersebut menghampiri pemiliknya. Sebab, ada beberapa perbuatan yang justru menghalangi datangnya rezeki. Berikut ini beberapa hal yang menghambat datangnya rezeki dari Allah yang harus kamu hindari. 

1. Lalai Dalam Shalat

Meninggalkan shalat tidak hanya mendapat dosa semata, tapi juga menghambat datangnya rezeki dari Allah. Bayangkan, bagaimana bisa rezeki datang menghampiri sementara perintah Tuhanmu saja diabaikan dan cenderung menyepelekannya.

Allah berfirman: ''Dan dia memberikannya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepeda Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusannya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.'' (QS. At-talaq : 03)

2. Gemar Maksiat

Orang yang punya kebiasaan maksiat juga Allah tarik rezeki yang seharusnya didapatkan. Tidak hanya rezekinya, Allah juga menarik cahaya diwajahnya. 

Dari Ibnu Mas'ud mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ''Hati-hatilah kamu terhadap perbuatan maksiat, sesungguhnya seorang yang melakukan dosa, rezekinya menjadi terhalangi padahal sebelumnya telah disediakan untuknya.'' (Tafsir Ibnu Katsir QS. Al-Qalam: 17-18).

3. Pemalas

Manusia memang sudah digariskan dengan rezekinya, namun kalau tidak ada inisiatif dari orang itu sendiri dalam menjemputnya, rezeki juga tidak akan menghampiri. Untuk itu, jangan lagi malas-malasan, sebab hamba yang malas tidak hanya sempit rezekinya tapi Allah juga sangat benci dengan sifat yang satu ini.

Dari Anas bin Malik RA, Nabi SAW berdoa: ''Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegalauan dan kesedihan, kelemahan dan kemalasan, kepengecutan dan kekikiran, tindihan hutang dan penindasan orang.'' (HR Bukhari no 6369).

4. Sering Mengeluh

Mengeluh sering dilakukan ketika semua kenyataan tidak sesuai harapan, seperti himpitan ekonomi yang semakin buruk dan lain sebagainya. Sebenarnya mengeluh tidak akan memperbaiki keuanganmu, sebab Allah tidak akan memberi rezeki pada orang yang engan bersyukur. 

''Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mamaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (Nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.'' (QS Ibrahim ayat 7).

5. Makan Makanan Haram

Ternyata memakan makanan haram tidak hanya menjauhkanmu dari Allah, tapi juga menghambat datangnya rezeki yang seharusnya kamu dapatkan. 

Yang disebut makanan haram tidak hanya daging babi, bangkai dan hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah. Tapi makanan yang didapat dengan cara yang tidak baik. 

Post a Comment for "5 Kebiasaan Buruk yang Menghambat Datangnya Rezeki Dari Allah"