Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Sia-siakan, Ini 5 Balasan Untuk Anak yang Berbakti

Jangan Sia-siakan, Ini 5 Balasan Bagi Anak yang Berbakti
Images: mkh.sch.id
Orang tua adalah sosok yang telah melahirkan dan berjuang mati-matian demi ingin melihat anak-anaknya tumbuh dengan layak. Maka dari itu, sudah sepantasnya kita sebagai anak berbakti dan menyayangi mereka melebihi menyayangi diri sendiri.

Selain merupakan kewajiban yang harus kita lakukan berbakti kepada orang tua mempunyai beragam macam keutamaan. Rasulullah SAW bersabda: ''Berbuat baiklah kepada orang tua-orang tua kalian maka anak-anak kalian akan berbuat baik kepada kalian, dan jagalah diri kalian (dari zina), maka istri-istri kalian akan terjaga (dari zina), ''(HR Ath-Thabarani). Berikut balasan bagi anak yang berbakti kepada orang tua. 

1. Ridha Allah Tergantung Ridha Orang Tua

Sebelum mengharap Ridha Allah, pastikan bahwa ridha orang tua sudah ada dalam genggaman. Sebab, tidak akan datang ridha Allah bagi anak yang tidak berbakti dan jauh dari ridha orang tua.

Nabi SAW bersabda: ''Ridha Rabb tergantung ridha orang tua, dan murka Allah tergantung murka orang tua.'' (HR.Tirmidzi dan Ibnu Hibban, dishahihkan oleh Syech Al-Albani).

2. Amalan Utama

Selain mendapat ridha Allah, berbakti kepada orang tua yang sudah melahirkan dan membesarkan kita dengan penuh rasa ikhlas dan perjuangan juga merupakan amalan utama. 

Allah berfirman:''Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan suatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.''(QS.An-Nisa: 36)

3. Jalan Menuju Surga

Tidak hanya kewajiban, berbakti sama orang tua juga merupakan jembatan bagimu untuk menggapai surga Allah, lebih-lebih seorang ibu.

Nabi SAW bersabda: ''Surga dibawah telapak kaki ibu. Siapa yang dikehendaki (diridhai) para ibu, mereka bisa memasukkannya ((Ke surga); siapa yang dikehendaki (tidak diridhai), mereka bisa mengeluarkannya (dari surga).''

4. Dipanjangkan Umur

Umur yang panjang dan berkah merupakan anegerah yang tidak terhingga, karena tidak semua orang bisa mendapatkannya. Namun, dengan berbakti kepada orang tua kamu bisa dengan mudah mendapatkan dua hal tersebut.

''Siapa yang ingin dipanjangkan umur dan rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali silaturahmi.''(HR.Ahmad)

5. Doa Mustajab

Setiap orang tua pasti akan mengaharapkan yang terbaik untuk anak-anaknya, mendoakan berbagai macam kebaikan demi melihat anaknya hidup dan tumbuh dengan layak. dan doa yang dipanjatkan orang tua untuk anak yang berbakti lebih mudah dijabah oleh Allah. 

''Ada tiga doa yang mustajab, tidak ada keraguan akan hal itu; doa orang yang terzalim, doa musafir, dan doa orang tua untuk(kebaikan)anaknya''. (HR.Ibnu Majah dan dihasankan oleh Syekh Al-Arnauth).

Post a Comment for "Jangan Sia-siakan, Ini 5 Balasan Untuk Anak yang Berbakti"