Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-hati, Ini 6 Tanda Kamu Terjebak Dalam Toxic Relationship

Hati-hati, Ini 6 Tanda Kamu Terjebak Dalam Toxic Relationship
Images: orami.co.id
Kata cinta saja tidak akan cukup untuk mempertahankan hubungan, apalagi hubungan yang tidak sehat atau yang kita kenal dengan toxic relationship. Misalkan tidak pernah menghargai, mau menang sendiri atau sama sekali tidak menunjukkan kasih sayang kepadamu. 

Namun, tidak sedikit orang yang memaklumi prilaku tersebut dengan alasan takut kehilangan dan takut tidak bisa hidup tanpanya. Hal ini sangat disayangkan, karena menunjukkan betapa kurangnya menghargai diri sendiri dan membiarkan orang lain seenaknya merendahkan dan memanfaat diri kamu.

Selain itu, ciri-ciri hubungan yang toxic dapat kita kenali dalam berbagai bentuk. Berikut diantaranya:

1. Komunikasi yang Buruk

Komunikasi yang baik merupakan hal penting yang harus dimiliki dalam menjalani hubungan. Kalau komunikasi kamu dengan pasangan selalu buruk, jangan-jangan kamu terjebak dalam hubungan yang toxic. 

Beberapa bentuk komunikasi yang buruk antara lain: Saling menyalahkan, memanggil pasangan dengan kata tidak pantas, atau sering ngomong kasar pada pasangan. Hal itu bisa terjadi mungkin karena kalian berdua tidak nyaman berkomunikasi secara terbuka dan jelas.

2. Tidak Bisa Jadi Diri Sendiri

Hubungan kalau sudah tahap serius dan akrab tidak ada lagi kata jaim pada pasangan, Bersikap natural tidak dibuat-buat dan tidak ada sesuatu yang ditutup-tutupi mengenai kebiasaan setiap hari. Toh kalau memang ada yang kurang pantas nanti juga bisa diperbaiki sama-sama.

Kalau masih takut menjadi diri sendiri, kesehatan hubungan kamu dengan pasangan memang perlu dipertanyakan. 

3. Sering Berbohong

Siapapun pasti tidak ingin dibohongi, apalagi oleh orang yang kita sebut sebagai pasangan. Ketika pasangan berbohong itu menandakan dia tidak menghormati kamu sebagai partner yang layak untuk mendapatkan kejujuran.

Keseringan berbohong juga menandakan bahwa hubungan yang dijalani sudah tidak sehat lagi. Sebab, kebiasaan ini susah diubah, dan kesetiaannya hanya untuk dirinya sendiri bukan untuk hubungan.

4. Maunya Menerima Tidak Mau Memberi

Kebiasaan seseorang kalau udah sayang mampu memberikan apa saja untuk pasangan, kebutuhan pasangan selalu jadi prioritas dibandingkan kebutuhannya diri sendiri.  

Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Namun, pastikan dulu bahwa kamu bukanlah satu-satunya pihak yang selalu berusaha membahagiakan pasangan. Hal ini bukan berarti mengungkit pemberian, tapi tentang inisiatif agar tidak hanya menerima, tapi belajar memberi.

5. Merasa Lebih Baik Sendiri

Orang yang bahagia menjalani hubungan selalu merasa lebih tenang dan nyaman saat bersama orang yang dicintai, namun beda cerita kalau kamu terjebak dalam Toxic Relationship. Kamu merasa lebih nyaman sendiri tanpa kehadirannya.

Apalagi saat kamu melakukan sesuatu yang kamu sukai yang justru terasa lebih menyenangkan daripada bersama dengannya.

6. Kurang Rasa Percaya Diri

Pasangan merupakan orang yang bisa kita ajak diskusi dan berbagi, tempat untuk menunjukan kelemahan dan pendukung yang hebat dalam bebagai situasi. Kita bisa menceritakan bergai hal kepadanya tanpa takut dijudge apalagi takut dihakimi.

Namun, jika tidak ada rasa percaya diri dan takut terbuka pada pasangan, ini yang patut diwaspadai. Barangkali kamu memang berada dalam hubungan yang toxic. 

Post a Comment for "Hati-hati, Ini 6 Tanda Kamu Terjebak Dalam Toxic Relationship"