Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Amalan Penarik Rezeki Berlimpah, Lakukan Dengan Istiqomah

6 Amalan Penarik Rezeki Berlimpah, Lakukan Dengan Istiqomah
Images: alittihad.ae
Hidup tenang dan berkecukupan merupakan dambaan semua orang, maka tidak heran jika banyak orang yang rela banting tulang demi mendapatkan rezeki yang berlimpah untuk menopang kebutuhan hidupnya. 

Rezeki bisa datang dari mana saja, bahka dari arah yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya. Termasuk dengan melakukan amalan-amalan ringan berikut ini.

1. Melakukan Shalat Dhuha

Shalat dhuna adalah Shalat sunah yang didirikan waktu matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya matahari sampai waktu szukur. Dan ini merupakan amalan ampuh untuk memancing datangnya rezeki.

Rasulullah SAW bersabda: ''Hai anak adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu shalat empat rakaat pada pagi hari, niscaya aku akan mencukupi sepanjang harimu.'' (HR. Ahmad dan Abu Ya'la)

2. Rajin Sedekah

Meski keadaan diri sendiri lagi gak bagus, jangan lupa untuk berbagi pada sesama. Ali-alih makin miskin, justru ketika kamu bersedekah dengan tulus Allah sendiri yang akan mengganti dengan jumlah berkali-kali lipat.

Allah SWT berfirman: ''Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.'' (QS. Al-baqarah {2}: 261).

3. Istighfar

Perbanyak istighfar, karena salah satu penyebab sulitnya rezeki untuk datang adalah kita terlalu nyaman dan lalai akan banyaknya dosa-dosa. Selain itu, Allah juga sangat cinta dengan hambanya yang mau bertaubat.

''Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya dia adalah maha pengampun. Niscaya dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula (di dalamnya) untukmu sungai-sungai.'' (QS. Nuh: 10-12)

4. Berbakti Kepada Orang Tua

Selain merupakan kewajiban, berbakti pada orang tua merupakan cara ampuh untuk menarik datangnya rezeki berlimpah. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Barang siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan hendaklah ia menyambung silaturahmi.''

5. Menolong Orang Lain

Siapapun yang mengatasi kesulitan orang lain, Allah sendiri yang akan membalas dengan menolongmu dikala kamu sendiri susah. Tidak hanya itu, tulus menolong orang lain juga merupakan amalan untuk mengundang datangnya rezeki.

''Orang yang paling dicintai Allah adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain. Dan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberi kegembiraan seorang mukmin, menghilangkan salah satu kesusahannya, membayar hutangnya, atau menghilangkan rasa laparnya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada beri'tikaf dimasjid nabawi selama sebulan.''

6. Selalu Bersyukur

Mensyukuri apapun yang telah Allah beri dan kamu miliki hari ini merupakan amalan ringan yang bisa menarik datanya rezeki. Mau itu sedikit ataupun banyak tetap latih hati untuk selalu bersyukur.

Allah SWT berfirman: ''Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka pasti aku tambah (kenikmatan) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhny azab-Ku sangat pedih.'' (QS. Ibrahim {14}:7).

Post a Comment for "6 Amalan Penarik Rezeki Berlimpah, Lakukan Dengan Istiqomah"