Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Bad Mood yang Berkepanjangan

Cara Mengatasi Bad Mood yang Berkepanjangan
Images: kubetfun.com/
Setiap hari mood seseorang kadang bisa berubah-ubah, tiba-tiba senang, marah dan sedih tanpa alasan yang jelas. Suasana hati yang tidak bisa ditebak atau yang kita kenal bad mood memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Selain itu, bad mood yang berlebihan juga bisa mempengaruhi mood orang disekitar kita jadi ikut jelek. Sebelum menimbulkan hal-hal yang lebih parah, yuk atasi perasaan bad mood dengan beberapa tips berikut ini.

1. Tersenyum

Meski terdengar sederhana, senyuman yang tulus juga bisa memperbaiki mood-Mu yang berantakan. Ini bisa dibuktikan, mereka yang sering tersenyum cenderung lebih cepat menurunkan stres daripada yang memasang ekspresi datar.

Cukup sederhana bukan, dengan hanya tersenyum kamu telah mengembalikan mood dengan sangat baik.

2. Mendengarkan Musik

Untuk mengusir suasana hati yang buruk kamu bisa melakukannya hanya dengan mendengarkan musik. Banyak sekali musik yang bisa kamu dengarkan. Tapi ingat, jangan dengarin lagu-lagu galau agar kesedihan hatimu tidak bertambah. 

Bersantailah, dan pilih musik yang membuatmu semangat dan melupakan masalah-masalahmu.

3. Curhat

Ketika lagi ada masalah yang membuatmu bad mood, carilah teman curhat yang bisa kamu ajak sharing dan bisa dimintai pendapat. Karena dengan berbagi cerita akan sedikit mengurangi beban berat yang membuat hati tidak tenang.

Namun, hati-hati memilih teman curhat. Carilah orang yang benar-benar kamu percaya untuk mendengarkan isi hatimu. Sebab ketika salah memilih lawan bicara, Alih-alih ingin mengurangi masalah malah menimbulkan masalah baru.

4. Ibadah

Sepenting apapun kamu dimata dunia, kamu tidak bisa melupakan peran Tuhan dalam hidupmu. Segala pencapaian yang kamu raih adalah karena kemurahan hatinya, begitupun dengan masalah yang saat ini kamu hadapi Tuhan punya solusinya.

Jadi, jangan lupakan ibadah. Walau sesibuk apapun tetaplah menunaikan kewajibanmu sebagai hamba. Antara urusan dunia dan akhirat harus imbang agar hatimu senantiasa penuh dengan ketenangan.

5. Tidur yang Cukup

Ditengah padatnya aktivitas yang sangat menguras tenaga, tubuh juga butuh waktu yang cukup untuk istirahat. Tidurlah dengan cukup, minimal 8,5 jam perhari agar tubuh dan fikiran kembali rileks.

Sebab, tubuh yang kurang tidur sangat beresiko tinggi mengalami bad mood

6. Berbuat Kebaikan

Perasaan bad mood juga bisa dihilangkan dengan berbuat baik pada lingkungan sekitar. Karena dengan menyenangkan orang lain akan membuat hati puas dan melupakan masalah yang membuatmu pikiranmu kacau.

Dengan berbuat baik tidak hanya meluapkan perasaaan hati lewat hal-hal positif. Tapi kamu akan mendapatkan berbagai support dan doa dari orang-orang yang menerima kebaikanmu.

7. Olah Raga

Ketika pikiran sudah mulai kacau, jangan hanya berdiam diri dan ikut terhanyut dalam kesedihanmu. Cobalah untuk menyibukkan diri, misalkan dengan berolah raga. Tidak harus dengan olah raga yang berat-berat, bisa dengan olahraga ringan seperti bersepeda, lari dan jalan-jalan keliling kompleks. 

Dengan berolahraga, tubuh akan memompa aliran darah lebih cepat dan melepaskan hormon. Dan ini bisa menghilangkan bad mood dengan cepat.

Itulah cara sederhana untuk menghilangkan bad mood, Semoga Bermanfaat.






Post a Comment for "Cara Mengatasi Bad Mood yang Berkepanjangan"