Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Balasan Bagi Orang yang Rajin Sholat Tahajud

6 Balasan Bagi Orang yang Rajin Sholat Tahajud
Images: islamicboard
Shalat tahajud adalah shalat sunah yang didirikan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Perlu diketahui, banyak sekali manfaat bagi seorang hamba yang rajin melakukan ibadah yang satu ini, sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Isra' ayat 79 berikut:

''Dan pada sebagian malam hari sembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.'' (QS. A-Isra'79)

Dengan firman di atas sudah jelas betapa beruntungnya orang yang rajin melaksanakan shalat tahajud, apa aja sih manfaat shalat tahajud? Berikut diantaranya:

1. Jembatan Menuju Surga

Saat manusia terlelap tidur dan terbawa mimpi bangunlah untuk melaksanakan shalat tahajud. Sebab, diwaktu ini adalah sebaik-baiknya waktu ibadah dan menjadi jembatan menuju surga terindah.

Sebagaimana sabda Rasulullah:

''Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat. '' HR. Ibnu Majah).

2. Doa Mudah Dijabah

Waktu sepertiga malam adalah salah satu waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud, dengan suasa hening membuat kita lebih khusuk untuk curhat dan meminta kepada Allah. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda:

''Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seseorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya, bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.'' (HR. Muslim no. 757)

3. Ahli Zikir

Ahli zikir merupakan golongan yang punya tempat istimewa disisi Allah. Dan salah satu cara untuk masuk dalam golongan ini dengan rajin melaksanakan shalat tahajud.

Rasululah SAW bersabda, ''Siapa yang bangun malam lalu membangunkan keluarganya hingga shalat dua rakaat, mereka akan dimasukkan kedalam golongan laki-laki dan perempuan yang banyak mengingat Allah SWT.'' (HR. Abu Dawut, Nasa'i dan Ibnu Majah dari Ibnu Sa'id Al-Khudri)

4. Membantu Diakhirat Kelak

Tercatat dengan jelas dalam surat Az-Zariyat ayat 15-18 terkait balasan bagi orang yang rajin melaksanakan shalat tajahud diakhirat kelak.

''Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam taman-taman surga dan di mata air, seraya mengambil apa yang Allah SWT berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka telah berbuat baik (didunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya diwaktu malam dan akhir malam mereka memohon ampunan kepada Allah.'' (QS. Az Zariyat: 15-18).

5. Dijadikan Rendah Hati

Rendah hati adalah sifat mulia yang sangat disukai oleh Allah. Ketenangan dalam menjalani kehidupan membuat hidup terasa lebih bermakna.

''Adapun hamba-hamaba Tuhan yang maha pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan ''salam,'' dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.'' (Al-Furqan 25: 63-64)

6. Diangkat Derajatnya

Allah mampu mengangkat derajat seseorang yang pada awalnya dari dasar bawah menjadi manusia yang bernilai disisinya. Dan salah satu cara agar Allah meninggikan derajat seorang hamba adalah dengan rajin melaksakan shalat tahajud. Sebagaimana firmannya:

''Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkat ketempat yang lebih terpuji.'' (QS. Al-Isra:79)

Itulah beberapa manfaat shalat tahajut. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "6 Balasan Bagi Orang yang Rajin Sholat Tahajud"