Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadilah Orang yang Paling Ikhlas, Bukan yang Paling Baik. Sebab Dalam Kebaikan Belum Tentu Ada Keikhlasan

Jadilah Orang yang Paling Ikhlas, Bukan yang Paling Baik. Sebab Dalam Kebaikan Belum Tentu Ada Keikhlasan
Images: Pixabay
Kualitas dari perbuatan baik itu bukan dilihat dari seberapa banyak, tapi seberapa ikhlas hatimu melakukan kebaikan tersebut. Karena percuma banyak melakukan kebaikan tanpa ada kata ikhlas didalamnya. 

Apa itu ikhlas.? Ikhlas adalah membersihkan hati supaya apapun yang kamu lakukan tidak boleh menuju selain kepada Allah. atau segala sesuatu yang ingin kamu lakukan semata-mata memang karena ridha tanpa mengharap imbalan. 

Keikhlasan mengajarkan kita untuk tidak melulu mengharapkan imbalan dari orang lain, dan tidak pula mengharapkan kebaikan sesuai dengan apa yang kita lakukan. Sebab, ikhlas adalah sesuatu perbuatan baik yang hanya dikhususkan untuk Allah SWT.

Ketika kamu sudah ikhlas akan banyak sekali hal baik yang akan kamu dapatkan, hati senantiasa tenang. Karena apapun yang kamu berikan untuk orang lain, kamu tidak mengharapkannya kembali. dan setiap takdir yang terjadi dalam hidupmu, tidak menjadi beban karena memang hatimu sudah ikhlas.

Berbeda dengan orang yang tidak ikhlas, mereka akan mudah berputus asa dan kecewa apabila harapan dan permohonannya tidak dikabulkan, atau dihadapkan dengan kenyataan lain. Tidak hanya itu, orang yang punya hati tidak ikhlas akan meninggalkan perbuatan baiknya dan berujung kekafiran, karena sikap su'udzan terhadap takdir yang telah Allah berikan.

Jadi, ketika hendak berbuat baik atau melakukan segala sesuatu, jangan lupa untuk menyelipkan rasa ikhlas didalamnya agar perbuatanmu tidak sia-sia. Terus ajarkan hati untuk selalu menjadi yang paling ikhlas, bukan yang hanya baik semata. Sebab dalam kebaikan belum tentu ada keikhlasan, tapi dalam keihlasan sudah pasti ada kebaikan.

Post a Comment for "Jadilah Orang yang Paling Ikhlas, Bukan yang Paling Baik. Sebab Dalam Kebaikan Belum Tentu Ada Keikhlasan"